4 Tips Memilih Desain Blog

Wajah Baru, Nuansa Baru, Semangat yang Terbarukan.

Setelah hampir 6 tahun bertahan dengan desain blog Vigilance akhirnya bulan ini Saya mengganti desain blog ini. Tema yang Saya pilih namanya adalah The Fresh & Clean. Tema yang saya masih versi gratisan dari WordPress tapi sudah cukup memenuhi beberapa kebutuhan mendasar Saya. Mau tahu kebutuhan apa yang Saya inginkan dari desain yang baru ini?

Pertama, tampilan yang sederhana. Tampilan yang sederhana membuat pembaca dapat fokus pada konten dari tulisan. Bukan pernak-pernik di sekitar blog.

Kedua, desain yang rapi dan menarik. Desain yang rapi itu apa yaaaa? Hehe.. Diantara yang perlu dicek dari suatu desain adalah tampilan navigasinya (menu pada web). Apakah bagus tampilannya? Apakah memungkinkan untuk 2 level menu? Apakah nyaman ketika digunakan? Desain blog Saya yang baru ini membuat navigasi menjadi mudah.

navigasi yang rapi

navigasi yang rapi

Ketiga, mobile-friendly. Desain blog yang rapi dan menarik banyak. Tapi belum tentu mobile-friendly. Mobile-friendly itu apa? Yaitu ketika desain dari suatu web/blog bersifat fleksibel menyesuaikan dari perangkat yang digunakan. Tampilan web/blog akan berbeda ketika diakses dengan komputer desktop/PC, tablet, smartphone, dll. Di era dengan tingkat mobilitas tinggi, di mana pengguna internet lebih banyak mengakses informasi menggunakan smartphone maupun tablet, tentu mobile-friendly menjadi syarat mutlak kenyamanan yang dapat meningkatkan user-experienced.

Tampilan putrichairina.com ketika menggunakan ipad

Tampilan putrichairina.com ketika menggunakan ipad

Tampilan putrichairina.com ketika menggunakan iPhone5

Tampilan putrichairina.com ketika menggunakan iPhone5

Keempat, fleksibiltas desain. Salah satu pertimbangan lainnya adalah apakah cukup banyak yang dapat dilakukan modifikasi terhadap desain blog tersebut? Bagi Saya, beberapa hal yang seharusnya fleksibel untuk dimodifikasi adalah : gambar pada header (bagian atas blog), tulisan pada header, warna latar (background color), gambar latar (background image).

Demikian sekilas tips untuk memilih desain blog. Selayaknya memilih desain rumah, luangkanlah waktu yang cukup untuk memilih dan memilah desain blog. Karena kesan pertama itu penting. Desain blog sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pembaca.

Teruslah menulis, berbagi untuk menebar kebaikan..

Iklan

5 thoughts on “4 Tips Memilih Desain Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s