Tips Lulus Tes IELTS

Tips ini akan diawali dengan sepenggal cerita…

Semangat IELTS!

Semangat IELTS!

Bulan lalu saya ikut tes IELTS yang diadakan di kantor. Tujuannya sebagai salah satu poin penilaian untuk bisa lulus dan menjadi salah satu peserta progam pengembangan SDM di kantor. Saya ingat bagaimana proses persiapan menuju tes tersebut. Ya, saya sudah diberitahu mengenai tes ini dua minggu sebelumnya. Dan saya sudah mewanta-wanti diri untuk jangan belajar pakai sistem SKS! (Sistem Kebut Semalam) Sudah coba mencari buku persiapan IELTS di Gramedia Bintaro. Tapi stok sedang kosong. Mencari di toko buku lain? Mana sempat.. Pekerjaan di kantor sedang banyak dan Iril juga sedang sakit.

Walhasil, pada hari Sabtu saya baru unduh buku bajakannya di 4shared. Berikut file audio-nya. Namun hari Sabtu dan Minggu terlewati tanpa sempat mempelajarinya. (perhatikan : bukan teladan yang baik) Akhir kata, saya baru belajar di Selasa malam dan ketika dalam perjalanan menuju tempat tes di Rabu paginya. Wew.. SERIUS! Rasanya menyesal sekali tidak sempat meluangkan waktu yang cukup untuk belajar.

Dua minggu berlalu dan hasil tes pun keluar. Harap-harap cemas saya cek nilai IELTS saya. Hasilnya? Alhamdulillaaaah… Saya sangat senang melihat hasilnya. Listening 7,5 – Reading 7 – Writing 5 (gara-gara telat sadar kalau ada dua soal) – dan Speaking 6,5. Total skor 6,5. Sudah cukup untuk ikut tes beasiswa ke luar negeri. Ihiy! πŸ˜‰

Lalu saya pikir-pikir ulang. Kok bisa dapat segitu? Wong persiapannya saja serba SKS! Hmmm…. (ceritanya lagi mikir)

IELTS

IELTS

OK. Saya kemudian mengaitkannya dengan aktivitas saya di kelas online coursera.org. Di kelas online tersebut : pengajarnya orang asing jadi pakai bahasa Inggris. Materinya pakai bahasa Inggris. Diskusinya pakai bahasa Inggris. Soal ujiannya pakai bahasa Inggris. JADI sebenarnya saya sudah membiasakan diri dengan bahasa Inggris. Nah, dari TERBIASA tersebut saya jadi bisa dapat skor IELTS 6,5.

Oleh karena itu, bagi teman-teman yang sedang mengincar skor IELTS, tips dari Saya adalah :

  • Mulailah membiasakan secara aktif berbahasa Inggris. Mulailah hari ini juga.
  • Cari media yang bisa digunakan.
  • Cari teman yang bisa diajak cas-cis-cus. Walaupun masih sama2 belajar, ngga apa2.
  • Gabung ke wadah yang mengharuskan kita berbahasa Inggris. InsyaAllah bakal meningkat penguasaan bahasa Inggrisnya.

Karena bahasa itu adalah masalah pembiasaan. Dan menurut Saya hal ini juga berlaku ketika kita ingin menguasai bahasa lainnya.

Semoga sukses!

Iklan

17 thoughts on “Tips Lulus Tes IELTS

  1. makasih mb pu info dan idenya, walaupun vanie sedang “tidak” punya “rencana” untuk S3 di LN, but siapa yang tau ya.. ^_^ IELST beda pisan euy soalnya sama toefl.. mau les mihil hehehe

  2. halo salam kenal mbak, kalau saya dulu download dari internet soal-soal yang ada kuncinya kemudian disimulasikan kerjakan pakai waktu. untuk writing yang penting menulis walaupun tidak ada kuncinya, nanti kesalahan bisa disadari sendiri. saya coba 5 simulasi, hasilnya memuaskan. semangat rekan-rekan!

  3. Thanks atas tulisannya. Waaah, mantap. Saya juga tanggal 22 November 2014 ini, saya akan menghadapi IELTS. Jadi mohon doanya ya. Terimakasih juga atas info Coursera.com nya. Entar saya mau coba juga. Boleh share BBM PIN? Niy punya saya 7e8d75bf . πŸ™‚

  4. Kalaupun cuman prediction, 6.5 itu bukan nilai yg gampang dicari mbak πŸ˜€
    Level Englishnya udah beda lah ini :))

  5. Cool….
    saya punya buku2 dan bahan2nya 5GB… masih disentuh dikit wkwkwkwk
    tapi kadang sks emang keren… pas saya tes GMAT jg gitu.. malah bolak balik bukunya doang.. gk dikerjain ckckckck tp lulus juga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s