Agenda Belajar 2013

study

study

Seharusnya setiap muslim itu bersifat PEMBELAJAR. Karena salah satu karakter seorang muslim adalah PEMBELAJAR. Kesimpulan ini saya ambil berdasarkan ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun : IQRA! (Bacalah!)

Ada banyak cara untuk “belajar”. Salah satunya adalah dengan membaca dan berguru. Nah, pada tahun 2013 ini saya membuat agenda belajar 2013 versi saya. Jika pada tahun 2012 saya sudah mengikuti beberapa kelas online dan gagal untuk dapat konsisten mengikuti pelajaran dari awal hingga akhir maka pada tahun ini saya ingin memperbaiki hal tersebut.

Berdasarkan analisa saya, pada tahun 2012 banyak kelas online yang saya ikuti. Begitu banyaknya hingga saya tidak punya waktu dan cenderung melompat-lompat dari satu kelas ke kelas lain. Di tahun ini saya akan membuat terobosan dengan membuat suatu “agenda belajar”.

Agenda belajar tersebut akan mencakup semua kelas online yang saya ikuti beserta waktu pelaksanaannya. Dari agenda tersebut saya dapat memetakan bulan-bulan yang padat dan kosong. Dan saya dapat melihat beberapa bulan yang sedemikian padat jadwal belajar saya.

Melihat tidak realistisnya jadwal tersebut kemudian saya melakukan penentuan berdasarkan prioritas. Mana-mana kelas online yang saya targetkan untuk dapat mengikuti sampai akhir dan mendapatkan sertifikasi kelulusan, mana yang hanya sekedar mengikuti saja.

Nah, berikut ini adalah “agenda belajar 2013” saya :
kurikulum_2013

Belum bisa ambil S2 bukanlah suatu penghalang untuk dapat terus belajar. Ada kelas online yang gratis : coursera.org. Materinya bermutu dan beragam, sistemnya terorganisir dengan baik, DAN bandwidth di kantor cukup cepat untuk mengunduh video kelas online-nya. Hihihii..Ā  šŸ˜‰

Jadi, AYO BELAJAR!

6 thoughts on “Agenda Belajar 2013

Tinggalkan Balasan

