Cerita Hari Ini – 11 : Antara Meniti Karir Dan Merintis Bisnis

Tes kerja beberapa waktu yang lalu membuat saya banyak berpikir. Tentang prioritas dan tujuan yang ingin dicapai. Manakah yang akan saya prioritaskan : meniti karir ataukah membangun bisnis?

priorities

priorities

Saya berpendapat bahwa kedua hal tersebut tidak bisa berjalan sama cepatnya dalam waktu bersamaan. Ketika fokus ke satu hal, maka hal lainnya akan sedikit terkurangi percepatannya. Mm.. Mungkin pengecualian untuk mereka yang punya modal besar, sehingga tinggal mempekerjakan orang lain untuk mengembangkan suatu bisnis.

Setiap usaha mengeluarkan energi, dan energi setiap kita terbatas. Sehingga diperlukan manajemen energi yang baik agar tujuan bisa tercapai dalam waktu seoptimal mungkin. Ketika fokusnya lebih kepada membangun bisnis, tentunya energi untuk meniti karir harus diatur sehingga tidak terkuras. Bukan dengan mengurangi pekerjaan kantor atau menghindar dan bahkan malas-malasan. Tapi dengan mengoptimalkan waktu kerja yang ada. Minimalisir waktu yang terbuang sia-sia. Cara mudahnya, matikan group chat dan jejaring sosial. 🙂

Ketika fokusnya adalah meniti karir. Tentunya harus lebih bersemangat dan produktif lagi dalam bekerja. Berprestasi dan membuka mata, telinga, serta jaringan untuk menangkap kesempatan-kesempatan baru. Tapi perlu diingat, bahwa promosi atau kenaikan jabatan bukanlah suatu tujuan. Itu adalah suatu buah dari kerja keras kita. Kita perlu punya ambisi! Tetapi tindakan-tindakan kita tetap harus dalam koridor yang benar, dijalankan dengan cara-cara yang halal lagi baik.

Mengapa memutuskan untuk mulai berbisnis? Tiap orang punya kisah masing-masing. Semakin kuat visi untuk berbisnis, semakin sungguh-sungguh pula usahanya. Maka pilihlah visi yang tepat. Karena mengalokasikan waktu dan energi untuk merintis bisnis untuk pekerja kantoran banyak tantangannya. Mulai dari waktu yang sebagian besar habis di jalan dan kantor, energi yang sudah terkuras di kantor, plus peran sebagai istri dan ibu yang menjadi prioritas pertama.

NAMUN tidak ada yang tidak mungkin. Selama ada kemauan dan kesungguhan, insyaAllah BISA!

Terima kasih untuk my lovely husband,
yg dg sabar membimbing dan selalu mendukungku.

Tulisan pertama di hari pertama pada tahun 2013
Menulis itu sebuah proses;
merenung – meredefinisi gagasan – menuangkannya –
dan berujung pada tindakan nyata.

Iklan

5 thoughts on “Cerita Hari Ini – 11 : Antara Meniti Karir Dan Merintis Bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s