Belajar Lagi – Standford’s Online Class

Yippie!!! Tahun ini aku kuliah belajar lagi. ๐Ÿ™‚

Aku ikut kelas online Standford, yaitu kelas Technology Enterpreneurship.

Kelas ini dimulai pada bulan Maret 2012. Dan saat ini masih berlangsung. Kelas ini tidak dipungut biaya. GRATIS. Materi bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Asalkan ada akses internet. Di akhir nanti, tidak dapat ijazah ya.. Cuma badge (lencana), semacam sertifikat tapi tidak formal (masih kurang yakin). Tapi bagi ku, yang penting adalah proses belajar itu sendiri. Bukan sertifikatnya.

Kelas online ini bertujuan untuk mengubah paradigma pembelajaran. Yang awalnya kita selalu berpikir : go to collage. Kuliah! Sistem ini memunculkan suatu alternatif baru dalam belajar. Karena tidak semua orang mampu untuk kuliah, kendala terbesarnya adalah biaya.

Sejauh ini aku sangat menyenangi proses belajar mandiri ini. Aku bisa bertemu teman baru yang sama-sama antusias terhadap materi yang dipelajari.

Walaupun gratis, sistem yang dibuat luar biasa kompleks. Standford bahkan membuat sistem yang mampu mengeliminir peserta kuliah yang tidak aktif dengan sendirinya, sistem alam. Siapa yang tidak aktif, ia akan tertinggal.

Tahun ini ada beberapa kelas yang sudah dibuka. Banyak pula yang belum dibuka. Saat ini aku masih menantikan dibukanya kelas Human Computer Interaction.

Dan tidak hanya Standford yang membuka kuliah gratis ini. Beberapa universitas terkemuka lainnya sudah ikut membuka kelas online. Untuk daftar lengkapnya, teman-teman bisa membuka link Coursera berikut : https://www.coursera.org/ .

Oh ya, ada satu lagi kelas yang menarik bagiku, Social Network Analysis.

Yuk kita belajar lagi!

 

 

 

 

 

Iklan

9 thoughts on “Belajar Lagi – Standford’s Online Class

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s