Tips Mengolah Cumi

Tips dibawah ini adalah 100% hasil salinan dari tulisan berjudul : Tips memilih, membersihkan, menyimpan dan memasak cumi (Squid selection, clean, storage and cook) .

Tujuan saya salin disini adalah agar saya tidak kehilangan tips ini jika suatu saat nanti saya butuhkan kembali. Bagi saya yang belum pernah mengolah cumi, tips di halaman ini adalah tips mengolah cumi yang cukup lengkapΒ  dibandingkan dengan tulisan-tulisan lainnya. πŸ™‚

Tips memilih, membersihkan, menyimpan dan memasak cumi (Squid selection, clean, storage and cook)

Cumi (Squid)

Memilih Cumi-cumi

Untuk memasak yang cepat, pilih cumi yang lebih kecil yang bermata jernih dan daging yang lembab. Cumi yang lebih kecil lebih empuk dari pada yang besar. Baunya masih terasa segar dan tidak menyengat, bau ikan segar.

Menyimpan Cumi-cumi

Masukan dalam wadah tertutup rapat dan tempatkan di bagian yang paling dingin atau diatas es dalam freezer. Cumi segar harus segera dikonsumsi dalam dua hari didalam kukas atau bersihkan dan bekukan segera untuk disimpan. Untuk dibekukan, masukan cumi bersih dalam wadah bertutup atau plastic tebal, pastikan udaranya keluar semua apabila memakai plastic, tutup rapat. Gunakan dalam dua bulan.

Cara membersihkan cumi

Cumi utuh lebih baik untuk masakan dirumah karena ada bonusnya: tinta cumi. Tinta cumi menjadi salah satu bumbu rahasia bagi chef yang terkenal di seluruh dunia, tidak hanya untuk memberi warna makanan, tetapi juga memberikan sentuhan rasa. Mendapatkan tinta cumi ini hanya membutuhkan sedikit usaha, membersihkan sendiri lebih puas. Di pasar kita bisa minta untuk dibersihkan pada saat membelinya.

Untuk membersihkan cumi, pegang kepala di satu tangan dan badannya di tangan lain. Perlahan tarik kepalanya dari badan. Bagian dalamnya akan tertarik keluar juga. Kantung tinta berada dibelakang kepalanya. Tipis dan berwarna keperakan, anda tidak akan mendapatkan banyak tinta dalam satu cumi. Kumpulkan dengan cara memencetnya ke dalam ΒΌ cangkir air. Tinta juga ada di belakang matanya.

Sungut cumi juga enak dimakan. Potong tepat dibawah matanya. Buang bagian belakangnya. Dalam badannya akan kita temukan tulang cumi yang menyerupai plastik, buang tulang ini.

Kulit luar cumi yang kecoklatan dapat dikuliti dan dibersihkan dari badannya dengan air yang mengalir, sehingga tinggal daging yang putih. Untuk cumi yang kecil, lebih lunak, tidak perlu dibuang kulit luarnya, tapi untuk cumi ukuran besar buang kulitnya, karena kulitnya menjadi keras saat dimasak. Cuci daging dan sungutnya dengan air mengalir.

Dapatkan promo setiap hari di Blibli.com (klik pada gambar)

Dapatkan promo setiap hari di Blibli.com (klik pada gambar)

Tips memasak cumi

1. Cumi harus dimasak dalam waktu yang sangat singkat atau sangat lama. Diantara waktu itu akan menjadi seperti karet. Dua menit dengan suhu tinggi sudah cukup. Lebih dari itu akan membutuhkan waktu minimal 30 menit sampai satu jam untuk menjadi empuk kembali.

2. Satu ekor cumi 15 cm sekitar 100 gr. Diukur badannya, tidak termasuk sungut apabila sekitar 12 cm atau kurang, cocok dimasak cepat dan yang lebih besar perlu waktu untuk memasaknya.

3. Berat di bawah 300 gr paling empuk. Tetapi bila anda ingin tinta cumi yang banyak, pilih cumi yang panjangnya lebih dari 12 cm.

4. Saat membeli cumi utuh untuk resep yang menyebutkan cumi bersih, anda harus menambahkan 25 sampai 50 persen. Karena setengah dari berat cumi terbuang saat membersihkannya.

5. Untuk cumi yang dimasak cepat berat cumi tidak akan berkurang banyak, tetapi apabila memasaknya lama, perhitungkan penyusutannya, porsi mengecil.

6. Untuk salad, masukan cumi ke dalam air mendidih tidak lebih dari satu menit. Masukan ke air es sehingga pematangan berhenti. Tiriskan, potong sesuai keinginan dan gunakan di salad atau dicelupkan dalam saus favorit anda.

7. Abalon atau yang sejenis dapat dijadikan substitusi untuk sebagian besar resep. Rasa dan teksturnya mirip.

Iklan

11 thoughts on “Tips Mengolah Cumi

  1. Ping-balik: Cumi-cumi | Seru Setiap Saat

  2. Ping-balik: Cumi-cumi | My Blog

  3. Terimakasih infonya mbak Putri πŸ™‚
    Maaf, mohon ijin share link blog mbak Putri di blog saya yaaa ^_^
    Terimakasih sebelumnya πŸ™‚

  4. Saya suka banget ama cumi! πŸ˜€
    Kalo diolahnya bener, bisa empuk banget… 😳

    Saya paling suka cumi saus hitam, jadi tintanya dimaka juga… πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s