Refleksi 2010

Sebentar lagi tahun 2010 berakhir. Begitu banyak hal yang terjadi. What a rush year!

Melongok perencanaan yang pernah dituliskan di awal tahun ini menyadarkanku beberapa hal yang terlupa. Kesalahan fatal dalam membuat perencanaan tahunan adalah : baru melihat kembali perencanaan itu di akhir tahun. Seharusnya target-target tersebut ku pecah per kuartal atau per catur wulan. Baik, ini akan menjadi catatan perbaikan untuk tahun 2011.

Akan ku kupas satu per satu target yang telah ku publikasikan itu :

1. Goodbye English Grammar!

Dengan sukses tidak membuka buku Tata Bahasa Inggris selama satu tahun ini! Betul-betul sebuah implementasi dari kata “selamat tinggal”. πŸ˜†

Jangankan mau belajar bahasa Prancis, target menekuni Tata Bahasa Inggris pun tidak tercapai. OK. Ini target yang gagal ku capai.

2. Cooking

Dengan sukses membuat dua jenis masakan Udang Rica-Rica dan Plecing Kangkung. Tapi cuma dua itu saja. 😦

3. Adventures!

Petualanganku tahun ini : bolak-balik JKT-Bogor, JKT-Padang, Purwakarta, Batam, serta Singapura. Seringkali berencana : bulan depan mau santai di JKT saja ah.. Tapi apa daya, tuntutan kerja harus dipenuhi.

4. More Healthy Life-style

Mulai teratur lari pagi dan renang tiap dua minggu. Tapi di kuartal akhir 2010 agenda tersebut sering tidak terlaksana dikarenakan kesibukan. Rush!

Di akhir tahun ini berusaha untuk bangkit. Mulai mempelajari pola makan yg seimbang gizinya. Dan mengaplikasikannya sedikit demi sedikit. Contohnya, mengganti roti tawar biasa dengan roti gandum. Roti gandum lebih sehat karena lebih berserat.

Alhamdulillah.. Sepanjang tahun ini sudah beberapa kali terserang flu dan bisa sembuh tanpa mengkonsumsi obat-obatan kimia. Cukup dengan konsumsi buah-buahan, minum air putih, dan istirahat yang cukup.

5. Character building

Tahun ini absen dari pelatihan-pelatihan karakter dan keterampilan. Yang ada pelatihan yang bersifat teknis.

Semoga dengan segala problematika di tahun ini menjadi suatu sarana pembentukan karakter bagi ku.

6. ReadΒ  Books and Write Resume

Baca buku tetap berjalan. Akan tetapi tidak pernah menulis ikhtisarnya. Dan tidak berniat untuk melanjutkan agenda menulis ikhtisar ini di tahun 2011. Bukan prioritas. Jadi biarkan saja mengalir sesuai dengan kesibukan.

7. Hidden Agenda

Sebegitu tersembunyinya, sampai-sampai aku lupa apa saja agendanya! πŸ˜†

Demikianlah laporan akhir tahun ini.

Ada pula hal yang tiba-tiba datang, menjadi prioritas, dan akhirnya mengalahkan agenda-agenda yang telah direncanakan sebelumnya. Bagi ku, itulah seninya hidup. Selalu membuka diri terhadap kesempatan yang datang.

Hidden Agenda
Iklan

6 thoughts on “Refleksi 2010

  1. waah..salut buat ibu kita ini..
    punya report tahunan buat iri sendiri..

    Jujur saya belum pernah melakukan itu.. jangan kan membuat report, membuat target pribadi secara tertulis saja belum pernah sejak lulus kuliah..!!!

    Saya akan coba melakukan seperti yang Ibu lakukan.. supaya lebih maju lagi dan terukur peningkatan dan penurunan kualitas diri.

    Terimakasih sudah memberikan inspirasi !!

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s