Melakukan Partisi File System di Linux

En

Seperti biasa. Berikut adalah resume dari suatu aplikasi di Linux. Kali ini yang akan saya bahas adalah aplikasi untuk melakukan partisi file system atau harddisk di Linux, yaitu Gparted.

Misalkan teman-teman ingin melakukan hal berikut :

  • Mengubah ukuran partisi.
  • Merubah format partisi.
  • Menghapus suatu partisi.
  • Mengubah ukuran file-system Linux.
  • dll (apa lagi ya?)

Saya menggunakan Ubuntu 10.04. Gparted bisa diakses pada menu System → Administration → Gparted. Atau jika menggunakan terminal ( Applications → Accessories → Terminal ) Gparted dapat dipanggil dengan perintah :

~$ sudo gparted

Tampilan Gparted

Secara umum cara penggunaannya sama seperti Partition Magic di Windows.

Nah, yang saya ingin partisi adalah file-system Ubuntu 10.04 saya. Kalau dimisalkan, seperti drive C-nya Windows. Untuk melakukan operasi ini tidak bisa dilakukan menggunakan Gparted yang sudah ada dalam sistem operasi. Harus menggunakan Gparted Live CD yang dapat diunduh disini.

Versi yang saya gunakan adalah Gparted 0.5 – 2.1. Sebelumnya saya sudah mencoba yang versi 0.5 – 2.9. Tapi entah mengapa, tidak bisa berjalan dengan baik.

Berikut adalah beberapa langkah yang saya lakukan :

  • Buat duplikasi data-data penting yang ada untuk  mengantisipasi hal-hal terburuk.
  • Buat Live CD Gparted dengan menggunakan file .iso yang telah diunduh.
  • Restart Ubuntu.
  • Masuk ke BIOS, ubah prioritas booting. Jadikan drive DVD/CD sebagai prioritas pertama untuk booting. Simpan perubahan. Keluar dari BIOS.
  • Secara otomatis akan masuk ke Gparted Live CD.
  • Pilih menu “default setting”.
  • Tak lama akan keluar tampilan menu Gparted seperti gambar di atas.
  • Dari sini kita bisa mengubah ukuran file system.

Voila! Selesai!
Semoga bermanfaat. 🙂

Go OpenSource!!!

2 thoughts on “Melakukan Partisi File System di Linux

Tinggalkan Balasan

