Instalasi paket RPM di Linux Ubuntu 10.04

Berikut ini adalah beberapa langkah yang saya lakukan ketika ingin melakukan instalasi file bertipe .rpm di Linux. Catatan : komputer saya terhubung dengan akses internet.

1. Install aplikasi alien

Alien adalah program untuk melakukan konversi paket-paket rpm, dpkg, stampede slp, dan tgz. Alien akan mengkonversi file-file tersebut sesuai dengan file system yang digunakan.

Ketikkan perintah berikut pada terminal :

sudo apt-get install alien

2. Konversi paket .rpm ke .deb

Instalasi paket .rpm dapat dilakukan setelah Debian mengenali paket tersebut. Nah, cara agar Debian mengenalinya adalah dengan membuat alias file .rpm ke file .deb. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

2.1 Konversi .rpm → .deb dan langsung instalasi program

sudo alien -i lokasiDanNamafileRPM

Misalkan saya ingin melakukan instalasi program ext2resize. Maka perintah yang saya masukkan dalam terminal :

sudo alien -i /home/pucha/Downloads/ext2resize-1.1.17-1.i386.rpm

2.2 Konversi .rpm → .deb. Setelah itu baru instalasi program

Entah mengapa ada yang melakukan cara ini jika ada cara yang lebih mudah, yaitu cara 2.1. Maka dari itu cara ini belum saya coba. Tapi rekan-rekan dapat membaca caranya di tutorial berikut.

7 thoughts on “Instalasi paket RPM di Linux Ubuntu 10.04

  1. endk bisa masa aku sudah berapa kali cobak install kok tidak bisa bisa yaa
    apa laptop aku yang tidak support dengna prozilla amd64.rpm
    kasih aku ney bisa cari solusi mas mbk

  2. Ping-balik: Tweets that mention Instalasi paket RPM di Linux Ubuntu 10.04 « Lakukanlah dengan sepenuh hati! -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

