Perlunya Fokus [Belajar Dari Tim Desain WordPress]

Pada tanggal 15 April 2010, Ian Stewart, mengumumkan berita yang membuat para blogger-Wordpress melonjak kegirangan.Ia memberitahukan bahwa telah dibentuk tim khusus di WordPress yang menangani desain blog. Mereka menamakan tim ini, The Theme Team (Tim Tema). “Tema” dalam hal ini, konteksnya adalah desain blog.

Tentu saja blogger-Wordpress yang mengetahui berita ini langsung memberikan komentar positif, termasuk saya. Harapannya dengan adanya tim ini, desain-desain blog yang ditawarkan oleh WordPress lebih banyak dan lebih dapat diatur (costumize). Karena sebelumnya, rasa-rasanya jarang sekali ada desain baru di WordPress. Satu bulan satu desain itu sudah lumayan. (Derita pengguna WordPress. Hiks!)

Nah, apa yang terjadi setelah ada tim ini? Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, ada 7 desain baru! Yaitu Inuit Type Under the Influence, Twenty Ten, Structure, Vostok, Bueno, dan yang terakhir adalah Enterprise. Plus ada beberapa fitur baru. Diantaranya, fitur untuk membuat slideshow (sukses membuat saya kegirangan) dan Suprise Me. Tentu saja kemajuan yang pesat ini membuat pengguna WordPress merasa dimanjakan. Fitur-fitur baru yang sudah dinantikan semenjak dahulu, akhirnya muncul. Contohnya fitur Child-Page pada tema Under the Influence dan Enterprise.

WordPress Pun Sadar

WordPress sebagai suatu perusahaan-jasa-penyedia-blog akhirnya sadar bahwa mereka perlu untuk fokus memenuhi kebutuhan pelanggannya. Segala ide dan harapan yang selama ini disampaikan, akhirnya mulai diwujudkan dalam produk desainnya. Persaingan semakin ketat. Siapa yang bisa memenangkan hati pelanggan, dialah yang akan menguasai pasar. Dalam dalam dunia bisnis-blog, “pilihan desain blog” merupakan salah satu kata kunci untuk menggaet pelanggan.

Kekuatan FOKUS

Apakah sebelumnya WordPress cuek saja dengan desain-desainnya? Tentu tidak. Desain yang WordPress tawarkan cukup banyak. Dan selama ini fleksibilas adalah hal penting yang WordPress telah tawarkan bagi penggunanya. Hanya saja sekarang WordPress lebih fokus untuk membuat desain-desain blog. Akhirnya WordPress pun menuai sukses. WordPress menjadi lebih produktif dalam mencetak desain-desain baru.

Fokus merupakan salah satu kunci kesuksesan. Entah itu dalam bisnis, pendidikan, dan aspek kehidupan lainnya. Seorang yang fokus akan menghasilkan keluaran yang berkali lebih berkualitas dari seorang yang sambil-lalu mengerjakan sesuatu. Semakin tidak fokus seseorang, semakin jauh ia dari apa yang dicitakan.

Seperti kisah seorang penyelam mutiara. Ia sudah punya target untuk mengambil mutiara di dasar laut sebanyak mungkin. Tapi ditengah perjalanan menuju dasar laut, ia terkesima dengan keindahan alamnya. Ikan-ikan yang unik. Karang dan tetumbuhan laut. Ia pun akhirnya lalai terhadap target utamanya. Nah, begitu pula dengan kehidupan kita.

Sudahkah kita fokus?

Iklan

10 thoughts on “Perlunya Fokus [Belajar Dari Tim Desain WordPress]

  1. Wew… saya nggak niat ganti theme..

    udah kepalang tanggung sama theme yang sekarang. dan udah jatuh cinta serta jadi brand image blog saya..

    salam kenal ya

    -ung-

  2. Ping-balik: Tweets that mention Perlunya Fokus [Belajar Dari Tim Desain WordPress] « Lakukanlah dengan sepenuh hati! -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s