Booting Ubuntu 9.10 Lewat Flashdisk (Membuat Flashdisc Menjadi Bootable)

My 4Gb Flashdisc

Akibat Grub Ubuntu yang tertimpa loader Windows, akhirnya saya tidak bisa masuk ke Ubuntu ataupun Windows pada komputer. (Hiks!)

Yang lebih naas lagi, saya tidak punya LiveCD-nya Ubuntu! (Don’t try this at home!) Padahal saya perlu masuk ke Ubuntu untuk dapat memperbaiki Grub si Ubuntu Karmic Koala yang rusak.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk membuat flasdisk saya menjadi bootable-Ubuntu. Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan. Proses ini dilakukan menggunakan Windows.

  1. Download file image Ubuntu dari halaman berikut. Letakkan image tersebut di harddisk.
  2. Download Universal USB Installler(UUI) dari sini.
  3. Jalankan UUI.
  4. Sepakat dengan License Agreement? Kalau sepakat, klik di “I Agree”.
  5. Pilih Distro-Linux yang akan di-install ke flashdisk. Saya pilih Ubuntu 9.10. Secara otomatis UUI akan mendeteksi keberadaan file image dari distro-linux yang telah dipilih.
  6. Lalu pilih USB Flash Drive yang akan di-install distro-linux. (Saya tidak memilih flashdisk untuk diformat)
  7. Terakhir, pilih ukuran file casper yang akan dibuat. (Saya gunakan 2GB Casper-RW)
  8. Klik tombol “Create”
  9. Selanjutnya, menunggu proses selesai.

Ekstraksi file

Ups! Sempat ada error, tapi tidak berpengaruh.

Alhamdulillah.. Akhirnya selesai juga! 😀

Beginilah jadinya isi flashdisc saya! 😄

Selesai! Sekarang flashdisc anda sudah bersifat bootable.

Sederhana sekali, bukan?

OK. Semoga bermanfaat dan dapat mencerahkan hari anda!

\(^____^)/

———————

TERTARIK UNTUK PASANG IKLAN DI BLOG INI?

Buka halaman berikut : Klik disini.

———————

Referensi : Install Ubuntu 9.10 to a Flash drive from Windows

19 thoughts on “Booting Ubuntu 9.10 Lewat Flashdisk (Membuat Flashdisc Menjadi Bootable)

Tinggalkan Balasan

