Ternyata Install Ubuntu 9.10 Itu Mudah!

Ubuntu 9.10

Ubuntu 9.10

Hari ini adalah hari dimana saya dan adik saya, Ihsan the LeDoet, berhasil meng-install Ubuntu 9.10 di PC. Akhirnya kami mendua! Menggunakan dua OS yaitu Windows dan Ubuntu. Saatnya perlahan migrasi ke Open Source. Biar lebih mandiri!

Kalau dulu sewaktu jaman saya kuliah, saya sempat menghancurkan Windows di PC karena proses instalasi Linux yang salah. Maka dari itu saya agak-agak trauma ketika si Ihsan minta di-install-kan Linux. Bismillah.. Ketakutan yang tak beralasan harus dilawan kan.. Yah, namanya juga belajar. Saatnya gunakan prinsip “ngga kotor, ngga belajar!”

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah install Ubuntu 9.10 yang telah saya jalani :

Pre-Installation

  1. Unduh (download) image Ubuntu 9.10 di website Ubuntu.
  2. Burn image menggunakan DVD/CD Burner. Saya menggunakan Nero. Burn sebagai bootable-disk, yaitu ada pada opsi “burn image …“. Jika menggunakan opsi burn data disk, nantinya CD tidak bersifat bootable.
  3. Jika sodara ingin dual OS, maka perlu sediakan ruang yang cukup untuk Linux. Nah, saatnya partisi hardisk. Salah satu tools partisi yang dapat digunakan adalah Partition Magic. Partisi harddisk, buat drive baru. Nantinya drive ini yang akan dialokasikan sebagai filesystem dan data si Linux. Tidak perlu repot-repot memformat partisi tersebut menjadi ext4. Nanti ketika proses instalasi akan ada tahapan tersebut.

Installation

  1. Restart PC. Pastikan bootable-CD Ubuntu yang sudah dibuat ada di dalam drive DVD/CD.
  2. Masuk ke dalam BIOS, atur konfigurasi agar booting via CD, bukan harddisk.
  3. Tunggu beberapa saat.
  4. Ada 6 langkah instalasi Ubuntu. Saya akan coba sampaikan seingat saya. Pertama, pilih bahasa. Kedua, pilih lokasi (negara dan kota-nya). Ketiga, pilih setting keyboard (default : USA).
  5. Keempat (PENTING). Tentukan lokasi tempat filesystem dan data untuk Ubuntu. Nah, ternyata sekarang itu menu ini sudah sangat “manusiawi”. Ada tampilan(semacam status-bar) yang menunjukkan kondisi harddisk saat ini. Misalkan : /hda1 (isinya Windows, ukurannya ..Gb), /hda2 (ukurannya .. Gb). /hda3 (ukurannya … Gb). Nah, sodara tinggal pilih dimana letaknya Linux. Tinggal geser-geser di status-bar. Ada juga pilihan untuk me-reset keseluruhan harddisk. Nah, ini artinya Windows dan segala macam file yang sudah ada akan DIHAPUS. Jadi, hati-hati di bagian ini. Jika sodara sudah menyediakan space di harddisk dengan format ext2/3/4, secara default Linux akan mengalokasikan dirinya disini. Tapi ini juga bisa diubah-ubah kok. Tinggal geser di status-bar. Sebagai informasi, Ubuntu 9.10 menggunakan format ext4. Awalnya saya kira menggunakan ext3. Sampai-sampai saya sudah memformat drive menjadi ext3.
  6. Selanjutnya, atur konfigurasi user. User name, computer name, dan password. Ups. Ada satu tahapan yang terlupa. Apa ya?
  7. Tunggu sampai proses install selesai. Berdasarkan pengalaman saya, proses ini memakan waktu sekitar 2 jam. Jadi, harap bersabar.

Demikianlah prosesi install Ubuntu 9.10 yang telah saya lakukan. Saya newbie di Linux. Dan menurut saya, cukup mudah untuk install Ubuntu 9.10. Di Ubuntu 9.10 ini juga ada Emulator, yaitu program untuk membuka program khas Windows yang berekstensi .exe. Dan sudah langsung bisa mount ke filesystem dan data Windows loh. Fleksibel untuk seorang yang Windows-minded macam saya.

Ubuntu 9.10 bisa juga di-install dari Windows dengan menggunakan Wubi.exe. Tapi proses install gagal ketika saya coba. Dan menurut hasil pencarian saya di Google, sebaiknya tidak meng-install Ubuntu menggunakan Wubi.exe. Karena memang akan muncul banyak masalah. Dan jika meng-install menggunakan Wubi.exe artinya si Ubuntu itu berada di dalam Windows. Bukan sebagai OS yang terpisah.

Jadi, tunggu apa lagi? Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Dan saatnya untuk BELAJAR!

My Ubuntu Desktop

My Ubuntu Desktop. Kodoknya lucu! πŸ˜€

Catatan : ini adalah tulisan pertama saya yang ditulis di Ubuntu 9.10. πŸ˜€

———————

TERTARIK UNTUK PASANG IKLAN DI BLOG INI?

Buka halaman berikut. Klik disini.

———————

12 thoughts on “Ternyata Install Ubuntu 9.10 Itu Mudah!

  1. mau naya dong, saya kan pake ubuntu 9.10, supaya bisa jalanin program windows (.exe) pake program apa y ?

    nama programnya, dan klo bisa link downloadnya :P…
    makasi ya..

  2. Subhanallah…kami kagum dengan blog sahabat, jika berkenan bergabunglah di aggeregasi web kami, caranya cukup memasang banner kami insya Allah setiap posting terbaru dari blog sahabat akan muncul di web kami…..kami tunggu

Tinggalkan Balasan

