Gagal Undeploy Tomcat

Ketika gagal undeploy project yang di-develop dengan Struts…

Ini terjadi untuk pengguna Windows. Windows mengunci beberapa jar, sehingga gagal ketika deploy-undeploy war.

Solusinya : buka file context.xml yang ada di dalam direktori META-INF dari aplikasi.

Ubah sehingga menjadi seperti berikut :

<Context reloadable="true" antiJARLocking="true"
antiResourceLocking="true">
....
....
</Context>

Nah, code tersebut akan membuat jar dan library tidak lagi di-lock sehingga proses deploy-undeploy akan lancar.

Tapi ada juga yang bilang kalau ini sebaiknya dilakukan di development saja. Ada yang tahu kenapa? Ada yang punya pengalaman serupa?

Semoga membantu.

Referensi :

2 thoughts on “Gagal Undeploy Tomcat

  1. asskum..
    saya mempunyai masalah dalam deploy file war , saya deploy war tadi lewat tomcat manager dan saat saya deploy berhasil, tapi saat saya star aplikasinya terjadi eror :

    FAIL – Application at context path /could not be started

    mengubah contex.xml dari folder META-INF itu milik aplikasi kita atau META-INF di dalam aplikasi tomcat manager nya?? he he he
    kira kira apa yah ?? tolong beri saran masih mulai belajar nih..

    timakasih…. salam kenal arif

    • Wassalamu’alaikum wr wb, Arif. Salam kenal!

      Context.xml Tomcat atau aplikasi?!
      Coba deh, Arif perhatikan kalimat saya di atas berikut ini :

      Solusinya : buka file context.xml yang ada di dalam direktori META-INF dari aplikasi.

      Nah, berarti context.xml dari aplikasi.

      Kasus saya diatas terjadi ketika saya undepoy .war di Tomcat, eh ternyata setelah restart Tomcat, nama aplikasi yang sudah saya undeploy tersebut masih tampak. Jadi sebelum saya mengerti sebabnya, saya undeploy dua kali, baru berhasil. Sekarang penyebabnya sudah jelas, seperti yang saya tulis di atas.

      Untuk error yang Arif dapatkan, saya belum bisa mengira-ngira (bahasa keren-nya : analisis). Coba Arif tulis disini error-nya yang lebih lengkap.

      ..:: sama-sama belajar ::..

Tinggalkan Balasan

